Selasa, 02 Juli 2013

Sambung Pucuk


       Siapkan entres gedong gincu yang akan disambung, pilih batang jangan terlalu tua atau terlalu muda. Batang cokelat tanda terlalu tua susah keluar tunas, batang merah muda gampang layu. Potong pucuk sekitar 15-20 cm, potong daun untuk mengurangi penguapan. Entres yang akan diambil sebaiknya dalam keadaan dorman (istirahat) pucuknya serta tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda (setengah berkayu). Panjangnya kurang lebih 10 cm dari ujung pucuk, dengan diameter sedikit lebih kecil atau sama besar dengan diameter batang bawahnya. Entres dalam keadaan dorman ini bila dipijat dengan dua jari tangan akan terasa padat, tetapi dengan mudah bisa dipotong dengan pisau silet. Selain itu bila dilengkungkan keadaannya tidak lentur tetapi sudah cukup tegar. Entres sebaiknya dipilih dari bagian cabang yang terkena sinar matahari penuh (tidak ternaungi) sehingga memungkinkan cabang memiliki mata tunas yang tumbuh sehat dan subur. Bila pada waktunya pengambilan entres, keadaan pucuknya sedang tumbuh tunas baru (trubus) atau sedang berdaun muda, maka bagian pucuk muda ini dibuang dan bagian pangkalnya sepanjang 5-10 cm dapat digunakan sebagai entres.
       Belah batang bawah sedalam 1,5-5 cm dengan menggunakan pisau yang tajam dan steril untuk menghindari kontaminasi cendawan dan bakteri. Potong entres hingga pas, ikat rapat sambungan menggunakan plastik es. Untuk mengurangi penguapan daun mangga bisa disungkupkan diatas sambungan.
       Sungkup sambungan dengan plastik untuk mencegah kelembapan berlebih yang bisa menyebabkan kebusukan. Kontrol sambungan minimal 3-4 hari sekali. Lakukan penyiraman rutin setiap hari. Biasanya 10-14 hari mulai terlihat hasilnya. Jika tangkai masih hijau atau sisa tangkai daun rontok sendiri berarti proses penyambungan berhasil dan plastik sungkup bisa dibuka. Jika sambungan tampak menghitam kemungkinan proses penyambungan gagal.
      Dengan sambung pucuk kita dapat memiliki tanaman sesuai keinginan kita, misal kita ingin bibit durian monthong maka kita dapat membuatnya sendiri dan biasanya tanaman akan berbuah lebih cepat. Tertarik,,lumayan juga loh bisa buat bisnis bibit..

sumber : Majalah Trubus
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar