Blogger Widgets Curat-Coret: tanam padi ah

Sabtu, 29 Juni 2013

tanam padi ah



           Lahan padi biasanya banyak yang kering dan pecah-pecah serta keras seperti kaca saat tidak ada air,,hal tersebut disebabkan karena terlalu banyak pupuk kimia yang di gunakan. unsur hara mikro dan makro sangat diperlukan untuk padi, so kasih pupuk kandang,jeramai atau lainnya yang telah di fermentasi.
Pemupukan susulan dilakukan dengan penyemprotan Pupuk Organik Cair (POC) sebanyak 1 kali dalam seminggu.
Di umur 7-56 HST di lakukan pemupukan susulan melalui daun (semprot daun) menggunakan MOL gamal dan MOL bonggol(untuk vase vegetatif)l. MOL gamal mengandung unsur N yang tinggi dan hijau daun yag tinggu bagi tanaman sedangkan MOL bonggol mengandung zat sitokinin yang merangsang pertumbuhan anakan.
Diumur 56-90 HST di lakukan pemupukan susulan menggunakan MOL buah dan MOL keong(untuk vase generatif).MOL buah mengandung zat yang berguna sebagai penghambat pertumbuhan yang disebut inhibitor sedangkan MOL keong mengandung protein yang tinggi,dimana sangat dibutuhkan di fase vegetatif dan fase generatif.
untuk pemupukan bisa di selingin juga dengan pupuk kimia agar penyerapan lebih cepat,,namun dosis yang digunakan harus disesuaikan, jangan terlalu banyak,,mudah-mudahan hasilnya bisa lebih,,hal tersebut belum saya coba,hanya sebatas pengetahuan yang saya dapat di artikel-artikel,so nti klo saya sudah praktekan akan saya bikin pula artikel tambahannya,,sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar