Blogger Widgets Curat-Coret: Membuat Macam-macam Mol

Minggu, 30 Juni 2013

Membuat Macam-macam Mol


     Sisa sampah rumah tangga yang berbentuk organik tidak dibuang namun bisa dipakai untuk membuat pupuk organik atau mol. Nasi basi, tapai, buah-buahan busuk dan terasi bisa digunakan untuk membuat mol, sehingga rumah pun minim dengan sampah. Mol kaya akan unsur hara makro dan mikro serta mikroorganisme yang berperan sebagai perangsang pertumbuhan, dekomposer, atau pestisida nabati. Cara membuatnya juga mudah:

Mol Batang Pisang
5 kg batang pisang dicacah dan ditumbuk masukan irisan gula merah 1 kg kedalam air beras 10 liter, kemudian aduk rata dan fermentasikan selama 14-21 hari. Campur 4 liter dalam 17 liter air

Mol Ikan Asin
Masukan ikan asin 200 g, terasi 200 g, dedak 1 kg dalam 2 liter air kelapa dan direbus, aduk hingga hancur. Pindahkan larutan ke ember, tambahkan 2 ons gula psir, 1 kg kotoran hewan, dan 20 ltr air, aduk lagi hingga rata. Fermentasikan selama 9 hari, setiap 3 hari sekali aduk agar merata. Campur 1 lietr mol dengan 10 liter air

Mol buah
Potong kecil-kecil buah-buahan yang busuk pun tidak apa-apa sebnyak 5 kg, masukan irisan gula merah 1 kg kedalam air beras 10 liter lalu tambahkan tumbukan buah itu. Aduk hingga rata dan fermentasi selama 14-21 hari. Campur 4 liter mol dengan 17 liter air.

Mol nasi
10 kepal nasi basi dan 10 sendok makan gula pasir dimasukan kedalam jerigen ditambah air 4 liter, biarkan jerigen dalam keadaan terbuka. Setelah 4-5 hari akan tercium bau wangi tanda femntasi berhasil. Campur 1 liter dalam 5 liter air.

Mol Tapai
Masukan tapai 100 g dan gula pasir 5 sendok makan ke dalam air 1 liter, kocok-kocok agar bahan larut dengan sempurna. Biarkan botol dalam keadaan terbuka, setelah 4-5 hari akan tercium bau wangi alkohol, mol siap digunakan. Untuk 1 liter mol dalam 5 liter air.

Semua mol dapat disiramkan atau disemprotkan langsung pada tanaman, kegunaan mol adalah sebagai mikroorganisme yang menguraikan unsur hara menjadi ion sehingga dapat diserap optimal oleh tanaman,selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar