Blogger Widgets Curat-Coret: Beragam Probiotik buatan sendiri untuk Pakan Ikan

Minggu, 30 Juni 2013

Beragam Probiotik buatan sendiri untuk Pakan Ikan

            Dengan menggunakan probiotik selain kolam tampak lebih jernih,panen lebih cepat, juga tingkat kelulusan hidup menjadi lebih tinggi. Pembuatan probiotik tersebut dilakukan dengan cara bermacam-macam seperti halnya yang dilakukan bapak Edi Priono di Sleman, Yogyakarta, dengan menggunakan campuran kulit pisang (2 buah), 1 sendok gula pasir, dan sedikit garam. Ia mencampurkan seluruh bahan dengan satu liter air, dan memeramnya selama 3-4 hari. Lalu ia gunakan untuk 1000 gurami di 2 kolam dengan dosis pemberian 10 gelas setiap minggu.
            Bapak Nyoman menggunakan larutan 50 g molase, 100 cc susu murni, dan 50 g jus kedelai pekat ke dalam 1 liter air. kedelai digunakan karena kaya protein. Campuran tersebut di pasteurisasi dengan cara direbus selama 30 menit. Setelah tercampur rata, dinginkan, tambahkan 100 cc biang bakteri yoghurt, kefir, atau dadih. inkubasikan 48 jam dalam ember atau drum dan siap untuk digunakan dengan cara disemprotkan langsung pada pelet atau disiramkan di kolam dengan dosis 1 liter per 80 meter kubik setiap 1-2 bulan.
            Ternak bakteri ala wagiran sendiri dengan cara 1 kg molase, 2 kg gula pasir, 30 ltr air, dan 1 kaleng susu kental manis. siapkan pula bakteri starter, atau bakteri pabrik. Campurkan semua bahan dan simpan dalam jeriken berwarna gelap dengan tidak terkena matahari langsung selama 2 hari fermentasi. Setiap 12 jam jeriken dibuka agar gas hasil fementasi dapat keluar. Probiotik dapat digunakan dengan aplikasi 10 cc probiotik dicampur 300 cc air lalu ditambahkan pada pakan. untuk nitrobacter cukup dipercikan ke seluruh penjuru kolam.
            Nah bagi yang memiliki kolam ikan baik yang terbuat dari tanah, terpal atau apapun itu,mungkin tertarik untuk membuat probiotik pakan ikannya,,so selamat mencoba.

1 komentar: